Sesak Nafas (Dyspneu)

November 5, 2006 pukul 4:35 pm | Ditulis dalam ProTap | 60 Komentar

Sesak NapasPenyebab:

  • Bebagai penyakit yang memerlukan penanganan cepat
  • Jika diagnosis dan terapi lerlambat -> fatal
  • Penatalaksanaan, anamnesis, pemeriksaan jasmani yang seksama -> memegang peranan sangat penting.

Penyakit-penyakit penyebab Sesak Napas:

  • Alergi: Asma Bronkiale
  • Kardiologi: Payah Jantung
  • Pulmonologi: Efusi pleura masif, Pneumonia, Pneumothoraks, Penyakit Paru Obstruksi Menahun (PPOM)
  • Penyakit dalam: Gastritis, Esofagitis
  • Psikiatri: Kesakitan atau ketegangan

Yang Harus Ditanyakan pada Anamnesa:

  • Sejak Kapan: Baru saja ? Sudah lama dan kambuh-kambuhan ? Tiba-tiba atau Perlahan-lahan?
  • Apakah timbul sesudah kegiatan fisik berat?
  • Apakah timbul bila berjalan jauh atau naik tangga?
  • Apakah disertai batuk-batuk?
  • Apakah disertai sputum : banyak? Berbuih? Mengandung darah?
  • Apakah disertai nyeri dada kiri?

Asma Bronkiale
Anamnesa:

  • Sering kambuh pada saat-saat tertentu (menjelang pagi, udara dingin, banyak debu, dll)
  • Nafas berbunyi, disertai/ tanpa sputum
  • Kadang ada riwayat alergi (makanan tertentu, Obat, dll)
  • Ada riwayat alergi/ sesak pada keluarga lain yang sedarah
  • Kadang dicetuskan oleh stres.

Payah Jantung (Decompensatio Cordis)
Anamnesa:

  • Timbul setelah aktivitas fisik berat (jalan jauh, naik tangga, dll) dan berkurang dengan istirahat
  • Lebih enak berbaring dengan bantal tinggi.

Efusi Pleura, Pneumonia, Pneumothorax, Penyakit Paru Obstruktif Menahun
Anamnesa:

Sesak napas terus-menerus dan berkepanjangan


Gastritis (Dispepsia)

Sesak nafas di hulu hati, sesaknya berhubungan dengan kecemasan, makanan, misalnya sesudah makan makanan yang merangsang (pedas, kecut, kopi, dll)


Penatalaksanaan Umum Sesak Napas:

  • Diagnosis Pasti : anamnesis, pemeriksaan fisik, foto thorak,EKG.
  • Berikan O2 2-4 liter/ menit tergantung derajat sesaknya (secara intermiten)
  • Infus D5% 8 tetes/menit, jika bukan payah jantung -> tetesan dapat lebih cepat
  • Posisi setengah duduk atau berbaring dengan bantal tinggi -> usahakan yang paling enak buat pasien. Bila syok -> Posisi kepala jangan tinggi.
  • Cari penyebab -> tindakan selanjutnya tergantung penyebab.

Perhatian :

  • Pada panyah jantung -> jangan beri infus NaCl, dan tetesan harus pelan sekali -> agar tidak makin memberatkan beban jantung
  • Pada (riwayat) sakit dada -> jangan injeksi adrenalin -> fatal
  • Pada PPOM, jika diperlukan O2 -> aliran kecil : 1-2 liter/ menit -> dapat terjadi Apnea.

Pengobatan Spesifik:

Penatalaksanaan secara spesifik dilanjutkan sesuai dengan kausa nya.

ยป ke daftar isi

About these ads

60 Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

  1. ibu saya kmren br periksa
    n kt dokter ibu kena sesak nafas.
    pa sesak nafas tuh menular?

  2. Efusi pleura masif -> ini pengobatannya gimana ya klo boleh tau? adik saya TB Paru, udah jalan obat sekitar 4 bulan, tapi menurut dokter masih perlu ‘operasi’ -> doketr menjelaskan dengan istilah operasi, untuk mengambil nanah yg ‘sudah mengerak’ yg dimaksud dgn operasi apakah pembedahan atu hanya diambil dengan jarum suntik?
    trim’s

  3. SAYA TELAH MEJALANI UJIAN EKG HASIL NEGETIF DAN SAYA DI SAHKAN GASTRIK MELALUI UJIAN KEMERA TETAPI YANG SAYA PELIK SAYA SESAK NAFAS SETIAP KALI BERSUKAN ,SAYA MEGALAMI PERKARA NI SUDAH 7 BULAN.TOLONGLAH SAYA.

  4. Sudah dua bulan istri saya sesak napas kalau pagi
    dan sore hari, sebelumnya sakit ulu hati dan dilarikan ke rumah sakit. setelah itu penyakitnya
    jadi sesak napas. sudah periksa dilab dan hasilnya jantung dan darah bagus semua. Tolonglah saya bagaimana pengobatanya.
    Terima kasih banyak

    Miduk.P

  5. cara pengobatan dari sesak nafas itu apa?

  6. ayah saya umur 49thn,dengan keluhan sesak nafas,susah tidur dan pusing. setelah menjalani ct

    scan hasilnya tidak ada kelainan. setelah 1bulan minum obat dari dokter spesialis masih

    tidak ada perubahan. yang ingin saya tanyakan adalah,gejala apa yang dirasakan oleh ayah

    saya?.dan cara pengobatan alternatifnya?

  7. 1,5 tahun lalu adik saya didiagnosa rongga dadanya mengandung udara, sehingga menghimpit paru2nya menjadi agak kempis, dan gejala yang dirasakan adalah sesak napas. penanganan yang dilakukan adalah dengan memasang selang di dada untuk mengeluarkan udaranya secara perlahan, yang menurut adik saya sakit sekali. proses opname selama 2 minggu.
    hari ini kembali timbul keluhan, dan dokter mengatakan harus dilubangi lagi dadanya untuk mengeluarkan udaranya. apa ada alternatif lain selain itu? minum obat tertentu misalnya? apakah tidak akan salah diagnosa? mengingat domisili di pontianak dan second opinion sangat terbatas, mohon analisanya.
    thanks

  8. ibu sayang sering sesak napas pada malamhari.tapa ibu saya tdk mau diperiksa dokter.apa penyakitini berbahaya?bagaimana pengobatannya?

  9. Dokter,

    Saya menderita sesak napas sudah 3 bulan lamanya. Dokter saya bilang saya menderita acid reflux, asam lambung yg naik menggangu esofagus, dan terjadi kejang otot di esofagus tsb. Saya sering mengalami sakit didada, dada serasa kencang.

    Kalau sesak napas di ulu ati, apakah bisa diobati?dokter saya bilang kemungkinan ada 2: karena kecemasan atau kejang otot esofagus.

    Mohon jawaban segera.

    Terima kasih
    Ibu Emil

  10. dokter spesialis paru…
    Saya hapir tiap malam merasa sesak and sering buang air liur/hipersalivasi…cape rasanya dada ini…mengarah kamana ya kira2 sakit saya? keluhan ini sangat jarang kambuhnya..mungkin 1th yg lalu..saya pun ta tau penyebabnya….
    terima kasih….

  11. dr. spesialis yang baik..
    saya mau bertanya mengapa kalo setiap orang sesak nafas maka ia akan memegang tempat tidurnya, supaya ada rasa lega?
    trimakasih

  12. cara perawatan sesak nafas di rumah sebelum bawa pesakit ke hospital

  13. Dokter,
    saya 25 th, perokok gangauan yg saya alami sekarang nafas agak berat,dan lebih terasa apabila setelah makan,yg saya rasakan adalah dada seperti di bekap sehingga untuk menghirup nafas saya harus menghirup dalam2 itupun terkadang seperti tidak dapat.Sebelumnya saya telah periksa di dokter dan kesimpulanya saya sedang stres.yang saya tanyakan apakah saya sakit asma atau stres yg mempengaruhi pernafasan

  14. sesak napas karena asma bronchial, apakah selalu diiringi demam? (karena asma adalah reaksi inflammasi pada alergen tertentu) apakah demam tinggi bisa menyebabkan sesak napas? atau sebaliknya?..pemberian agonis reseptor beta-adrenergik, apa ada efek samping yang serius?

    -thanks before..^_^-

  15. Hal yang berhubungan dengan sesak nafas memang menimbulkan kegelisahan dan stress tersendiri. satu hal yang mesti hati-hati adalah menyikapi penyebab sesak nafas itu sendiri, harus dibedakan apakah sesak nafas memang berasal dari paru-paru sebagai alat untuk bernafas, ataukah sesak nafas yang disebabkan oleh kondisi jantung yang notabene tidak berhubungan langsung sebagai alat pernapasan. Oleh karena itu sembarang minum obat yang ada di pasaran, konsultasikan ke tenaga kesehatan untuk memastikan penyebab sesak nafas untuk kemudian mempetimbangkan pengobatannya. terima kasih.

  16. saya asma akibat stress apakah bisa sembuh?

  17. Apakah sesak nafas merupakan penyakit serius?

    Bisa sembuh ga? Maksud aku, ga bakalan kambuh di kemudian hari.
    Sesak nafas aku ini baru2 ini aja aku alamin.
    Aku seorang mahasiswa, umur 20 tahun.

    Obatnya apa yang bagus ya?
    Aku mohon dengan sangat jawabannya?

  18. nafas saya berbunyi kalau saya tidur miring ke kanan kenapa ya dok? saya udah periksa ke spisialis paru-pru katanya saya cuma masuk angin, saya kan takut karena dulu saya pernah batuk yang lama dan juga disuruh berobat selama 6 bulan berturut-turut dan setelah itu saya dikatakan bersih paru-paru saya.

  19. Bagaimana cara menyembuhkan penyakit GERD? apa saja obat2 yang diperlukan?

  20. umur saya 17 tahun,
    sudah beberapa hari ini saya berhenti merokok karena mengalami nafas yang berat walaupun hanya diam.
    jantung saya sangat mudah bedebar kencang setelah berjalan kaki meski berjarak dekat dan sebentar.
    saya sering berolahraga (lari pagi/sore) tapi itu tidak membuat stamina saya berturun pada saat berolah raga (tetap kuat walaupun jauh).
    beberapa tahun lalu ibu saya meniggal dunia karena kanker hati dan 14 bulan kemudian ayah saya meninggal karena sudah 10 tahun mengidap jantung koroner.
    pertanyaan saya, apa saya berpotensi mengidap salah satu dari penyakit itu??

  21. saat menjelang tidur semalam tiba tiba saya batuk2 dan saat itu juga dada terasa berat untuk bernafas dan berat,,kira2 apakah ini gejala dari penyakit yang disebutkan diatas,,dan digolongkan yang mana gejala saya ini,terimakasih,,,,

  22. saya umur 57 th perokok sampai ini.kalau naik tanga tiga tingkat terasa sesak napas atau berat. sementara hasil check up jantung tidak ada penyumbatan ,relatif baik.test paru2 dng tiupan dll dinyatakan terdapat sedikit penurunan kapasitas vital dan kap.maksimal paru2. dan gangguan faal paru restriktif ringan dan obstruktif sedang. apakah terapi praktis yang harus saya lakukan ,dan obatnya. Trimakasih

  23. kALAU MAU MEMBACA JAWABAN PERTANYAAN2 DI ATAS DI MANA?
    Saya sendiri akhir2 ini sering sesak nafas. Saya pasien dokter jantung, tetapi bukan karena itu (sudah diperiksa pakai kateterisasi 2X). Ada yang bilang ini karena enzim pencernaan yang menyebabkannya. Ke dokter apa saya harus berkonsultasi ?

  24. saya lutfi 33 th Sudah sekitar 6 bulan ini saya merasakan sesak nafas malah akhir2 ini makin sering terjadi tapi ndak begitu berat cuman cukup mengganggu aktifitas sehari2 saya dulu perokok sudah 1 bulan ini berhenti sudah kedokter tapi masih tetap saja sering kumat apakah ada obat tradisional yang bisa menyembukan sesak nafas ini ? bagi yang tahu tolong infonya ke email saya lut_vy@yahoo.com trima kasih sebelumnya.

  25. saya dina.akhir akhir ini saya rasa sesak nafas ketika tidur dan saya takut saya mengalami penyakit yang merbahaya.saya telah pergi ke klinik dan doktor hanya bagi ubat biasa dan vitamin.keluarga kami tidak mempunyai masalah asma atau yang berkaitan dengan jantung.saya takut masalah ini mengganggu study saya.tolong email apakah masalah yang saya hadapi dan cara cara mengatasinya ke dyna_japkor02@yahoo.com atau akunandina@yahoo.com.terima kasih.

  26. halo dok, saya nony. begini dok, sewaktu pada tgl 31 desember 2007, tiba2 napas saya ini sesak sekali.dan itu berlanjut sampai sekarang, sudah berlangsung hampir 2 bulan. kadang2 kambuh. saya sudah berobat dan sudah di rontgen dan hasilnya kata dokter bagus.dokter yg nangani saya malah binggung.saya sudah diberi obat, tp gak ada perubahan sama sekali dok.saya takut masalah ini mengganggu study saya. yg saya tanyakan penyakit ini berbahaya sekali gak dok ? adakah obat alami yg dokter tau untuk mengobatinya ? berapa lama penyakit ini akan sembuh nya dok ? tolong saya, krn setiap malam saya harus menanggis nanggung penyakit ini. terima kasih.

  27. Saya selalu merasakan sesak nafas tiba2 dan baru merasa baikan apabila saya istirahat dengan tidur ketika saya periksa ke dokter, dokter bilang saya menderita penyakit lemah jantung akibat adanya kebocoran apakah itu benar?

  28. selamat pagi/siang/sore/malam. mau tanya. Sebenarnya asma bisa disembuhkan atau tidak? atau cuma biar penyakit asmanya tidak bartambah parah(maksudnya apa cuma mempertahankan penyakit biar gak tambah parah/ sembuh hanya sementara)?? selain pengobatan modern, bisa tidak menggunakan pengobatan alami?? apa obat alaminya?? lalu lebih aman mana menggunakan pengobatan modern atau alternatifnya??trimakasih

  29. apakah sesak nafas itu bisa disebabkan oleh infeksi paru-paru? tolong jawab

  30. saya dari malaysia,ingin bertanya tentang sesak nafas.sebenarnya saya sudah mengalami sesak nafas selama lebih kurang 15 tahun.sehingga sekarang belum sembuh sepenuhnya.sudah berapa orang doktor saya ketemui,namun masih tidak berhasil.kebanyakkan doktor mengatakan saya tidak sakit.saya pernah dimasukkan tiub melalui mulut dan dubur.tapi,kata doktor,kamu tidak mengalami apa-apa kecederaan dalaman.saya juga pernah berjumpa dengan tabib-tabib kampung,atau dukun-dukun kampung,semuanya tidak berhasil.saya juga seorang perokok.pernah saya berhenti drpd merokok selama 7 bulan,namun sesak nafas saya tidak juga hilang,akhir sekali saya merokok semula sehingga sekarang.seminggu dua ini,sesak nafas yang saya alami semakin teruk skit.saya mengambil keputusan utk mengurangkan daripada menghisap rokok.saya membeli satu jenis jenama ubat utk mengurangkan ketagihan merokok.nama jenama tersebut ialah SUPERDETOX.hendak berhenti langsung,rasanya susah.satu lagi yang membuatkan saya rasa pelik ialah,jika saya menggunakan halia,bawang putih dan lada hitam utk merawat sesak nafas saya ini,maka ia membuatkan sesak nafas saya semakin menjadi-jadi.kalau saya makan makanan yang pedas,maka ia akan membuatkan perut saya cirit birit dan semakin teruk sesak nafas.satu lagi perkara yang mana saya perhatikan ialah,jika minum air seperti nescafe atau kopi,maka ia membuatkan saya semakin sesak nafas.saya tidak pasti,sesak nafas yang saya alami itu dikawasan mana.satu lagi yag pelik ialah,apabila saya melepaskan kentut,seolah-olah datang angin lain dengan cepat dalam perut saya,dan saya akan sesak nafas.perut saya,kalau diketuk-ketuk dengan tangan seolah-olah kembung.sesak nafas yang saya alami ini,kadang-kadang membuatkan kepala saya menjadi serabut.seolah-olah,sesak nafas mengganggu pemikiran kita.kadang-kadang saya menjadi tension.tidak boleh mendengar perkara-perkara yang bising.lebih teruk lagi,saya tidak dapat berada ditempat orang ramai.kematian sentiasa bermain difikiran saya.sekarang ini saya cuba berusaha dengan sedaya upaya untuk meninggalkan tabiat merokok.saya juga yakin,merokok adalah salah satu punca sesak nafas.selain drpd itu,saya ingin memohon jasa baik doktor,untuk memberi apa-apa nasihat untuk mencegah sesak nafas yang saya alami ini.sebarang nasihat doktor,saya ucapkan ribuan terima kasih.kalau boleh send kepada email saya.sekali lagi,diucapkan terima kasih.

  31. saya punya adek yang sering sesak nafas.
    dulunya kata ortu saya juga pernah sesak nafas, tapi waktu kecil dan g’ sesering adek saya ini.
    gimana ya penangnan yang terbaik?

  32. dok, bagaimana cara kita membedakan dyspnea yang memiliki etiologi respiratori dan non-respiratori???

    Thnx a lot

  33. Hallo dok,pertama : malam hari saya bangun untuk ke kamar mandi,tiba2 saya sakit didada,berdebar,lalu sakit diulu hati naik keatas dan menyebabkan pingsan,walaupun cuma sebentar.Selanjutnya saya cek ke dr.jantung karena dugaan saya jantung, setelah EKG,Treadmil dan Eko(USG Jantung)hasilnya Normal, dr.jantung menyatakan jantung saya baik, karena merasa badan saya masih tidak enak,saya datang ke dr.Internist ahli gastro,dan dinyatakan asam lambung naik keatas,sekarang sdh berjalan 5bln,saya masih merasakan tidak enak didada kiri,sesak napas,kaki dan tangan lemas,kepala serasa muter,tidak bisa konsentrasi,kuping berdengung bila ada suara agak keras,keringat dingin. Yang saya tanyakan apakah ini adalah efek2 dari asam lambung yg naik keatas,ataukah ada masalah lain dibadan saya dok,saya mohon jawabannya dok, sekali lagi terima kasih, salam

  34. saya ruth . plajar berusia 15 tahun .
    suda lebih kurang dari 5 hari spanjang hari saya sesak napas . pada saat bernapas , dada saya terasa sesak dan tidak nyaman untuk bernapas .
    selain itu saya juga sering sakit kpala , dan vepat lelah . kira kira , pnyakit apa yang saya derita ??
    mohon bantuannya .

  35. slmt siang dok.saya Rhey..
    saya punya adek ketemu gede.dia seorang cewek,umur 18 tahun.terkadang dia sesak nafas.kalau saya perhatikan,dia tu kumatnya kalau lagi kecapekan dan yang paling mendominasi adalah kalau fikirannya tu sedang tertekan.sedang stres.penyakit itu juga sering kumat kalau dia sedang kadinginan.memang penyakit itu ada bawaan dari keluarga.ayahnya dan kakaknya juga menderita penyakit yang hampir sama.dia juga pernah bilang,kalau batuk tu sering kluar dahak.waktu kecil,dia memang pernah priksa ke dokter dan sepertinya memang ada gangguan pada paru-parunya.saya sering membujuknya buat priksa ke dokter lagi, tapi dia tidak mau karena takut.yang ingin saya tanyakan,
    1.Kira-kira dia menderita apa ya dok?
    2.Apakah itu berbahaya?
    3.Apakah ada obat tradisionalnya?kalau ada,bagaiman cara pengobatannya?
    Terima kasih banyak…

  36. halo dok, saya nony. begini dok, saya mengidap sakit sesak napas… saya sudah di rontgen tetapi kata dokter saya tidak ada sakit apa-apa. kemudian saya diberi obat, tetapi tidak kunjung sembuh juga. kemudian saya ke dokter lain, dan dokter tersebut mengatakan kl sesak napas saya ini diakibatkan oleh banyak pikiran dan akibatnya stress begitu beliau mengatakan. dan saya dianjurkan untuk olahraga di pagi hari dan belajar gerak pernapasan. dan heran nya lagi setiap saya diberi obat, bukannya sesak napas saya sembuh, tetapi semakin menjadi. tetapi, kl saya tidak minum, sesak saya tidak terlalu sakit. tapi sedikit2 terasa sesaknya. saya binggung dok, sakit apa yg saya derita ini?? saya seorang pelajar dan pekerja. saya takut, aktivitas saya terganggu karena sakit saya ini. apa yg harus saya lakukan dok ? sampai kapan sakit saya ini akan sembuhnya dok? apakah ini berbahaya ? apa obatnya.. sebelumnya, saya kasih tau, umur saya saat ini 21 thn dan sesak napas saya ini sudah bertahan selama hampir 4 bulan.. tolong dijawab pertanyaan saya dok, sekali lagi terima kasih. GBU

  37. saya susan berumur 20 tahun!!
    pada saat tidur malam saya sering terbangun dan sesak napas seperti tecekik…
    kira-kira knp yaph???
    tolong dibalas ke email saya!!!

  38. ayah saya berumur 49 tahun..
    beliau pernah tiba-tiba sesak nafas yang bener2 sesak sampai g bisa ngomong.
    katanya saluran nafasnya seperti tersumbat jadi g bisa bernafas..
    saya sangat takut melihatnya kalau lagi kambuh…

    kalau dalam keadaan seperti itu pertolongan apa yg pertama kali harus saya lakukan?
    thanks b4…

  39. slamat siang dok,saya tesha
    saya pengantin baru…dari awal pacaran saya sudah tau klo suami ku itu pnya sesak nafas/asma,trus slalu alergi semacam flu gtu,saya slalu kasian liat suami saya klo lagi kambuh,dan saya pun tidak bisa berbuat apa-apa,karna klo lg alergi tdk bisa d tanya,klo lg kambuh sesak nafas nya malah jd marah klo d tanya…stiap mau tdr slalu saya gosok kan minyak angin krna saya pikir biar hangat tubuhnya…dan klo tdr suka bunyi..dan slalu ngorok kaya orang kecapean…slalu keringetan,dan bagaimana cara menghilangkan alergi itu td dok,saya slalu panik dan serba salah dok…jd apa yg saya hrs lakukan…pada suami saya,tolong yh dok…terima kasih

  40. Saya pernah terkena asma waktu SD, sekarang umur saya 25 tahun, akhir2 ini(dlm bulan ini) asma saya kambuh.
    Dan jujur saja dalam bulan ini saya memang ada masalah keluarga yg cukup berat, dan membebani piliran saya.
    Yg mo saya tanyakan, apakah stres bisa mempengaruhi kambuhnya sesak nafas yg saya alami..?
    Trimakasih

  41. Dok..sy johan, 31 tahun. Sebulan yang lalu sy minum kopi 2 gelas, stlh minum kopi jantung sy bdetak kencang & susah tidur, sblmnya sy perokok tp stlh sy g b tidur sy bhenti merokok.Dua hari stlh kjdn tsb plg krj mendadak sesak nafas lgs ke RS diUGD dilakukan EKG hsl bagus tensi sy 170/110. Dari dokter UGD hny diberikan obat penenang/peringan rs sakit dan obat batuk.Krn keadaan sy msh saja sesak, sy berinisiatif untuk rontgen thorax dr hsl thorax sy kesan: Corakan Bronchitis dan tak tampak proses spesifik. Stlh berkonsultasi kedokter paru diberikan obat radang SOMEROL stlh minum obat tsb sy bkeringat dingin, sesak nafas & susah tidur. Hasil Lab Darah Lengkap, CRP & Fungsi Ginjal Sy dlm bats normal. Status pengobatan sy dlm fase observasi. Yang sy pertanyakan Dok:Apa diagnosa akhir sy dari terapi obat dan pemeriksaaan penunjang tsb? Pemerikasaan apalg yg bs membuat sy mengetahui penyebab pnyakit sy? Apakah penyakit sy bs disembuhkan..bgmn? Thx ya dok…sy menunggu ajuran dokter buat kesembuhan sy.

  42. saya menghidapi sesak nafas sejak setahun lalu, kekita masih belajar saya juga mengalaminya 2 kali iaitu setelah kematian ibu saya. namun ia telah hilang dengan sedndiri,sejak setahun lalu ia datang semula, tetapi tidak kerap. cuma kebelakngan ini agak kerap. saya telah mendaptkan rawatan dan doktor memaklumkan saya gastrik. ada juga doktor berkata sebab resdung saya yang menyerang dan tonsil saya semakin membengkak.
    bila saya menarik nafas, rasa sedikit sesak dan sakit di bahagian ulu hati, dan di kawasan perut yang lain juga. tekak saya juga berkahak dan bila batuk selalu mengeluarkan kahak. tolong la saya. apa penyakit saya sebenarnya.
    -nisah, pahang-

  43. sy ada 1 bulan mengalami sesak napas dan tidak bisa capek sedikitpun. kalau saya paksakan capek sy tidak bisa bernapas dengan lega. dan saya harus istirahat agar sy bisa bernapas lebih ringan. tidur sy harus menggunakan bantal yang tinggi kalau tidak sy tidak dapat bernapas dengan tenang. Apakah keluhan saya ini ada kaitanya dengan gejala jantung?. Sy pernah mengalami penyakit kuning yang juga menuntut sya utk tidak capek, apakah ada kaitanya dengan akan kambuhnya penyakit kuning sy itu ? Tolong bantu saya…..

  44. saya bersal dari malaysia…saya ada pertanyaan yg ingin di tujukan pada doktor…saya pernah mendapat pneumothorax sebelah kanan pada tahun 2006.saya telah melakukan pembedahan vats bullectomy pada paru2 itu..pada tahun 2007 pula saya sekali lagi mendapat pneumothotrax,tetapi pada sebelah kiri paru2 pula…pembedahan yg sama juga di lakukan oleh doktor…soalan sy ialah adakah setelah melakukan pembedahan vats bullectomy ini perkara ini akan berulang kembali…apakah yg dilakukan semasa pembedahan itu…sehingga sekarang sy masih fobia dgn apa yg berlaku ke atas diri sy…kadang2 sy masih lagi terasa sesak nafas nie..sy harap DR dpt membalas e-mail sy ini…terima kasih

  45. salam pada semua. saya dari malaysia. ingin berkongi kaedah + pengalaman + rawatan berkaitan sakit refluk esophagos. pada yang sudi tolong emailkn sebarang info ke r_manharis@yahoo.com atau telifon 012-3963875. terima kaseh. sehingga ketemu lagi. wassalam.

  46. kpd nisah, pahang.. bagaimana nak berhubung dgn anda. boleh dptkan email add. tq.

  47. Kenapa ya sy sring mengalami sesak nafas tiba2?pdhal diriwayat keluarga sy tdk ad yg menderita penyakit paru2.knp bs bgni y?sy mengalami sesak nafas mnkn sejak 1bln yg lalu.ap penyebabnya dan bgaimana pengobatanny?terimakasih

  48. dok saya mau tanya kenapa akhir2 ini saya suka sesak dan rasanya tidak nyaman apa saya terkena asma???

  49. saya sesak napas

    tp aneh tiap hari pula

    saya merasan sesak napas na

    tp maseh bisa saya kontrol

    tp klu da gak tahan baru saya ke

    dokter tempat saya berobat

    gejala na aneh

    1.pertama sakit punggung
    2.dada sakit
    3.perut sakit
    4. sesak napas

    begitu la tiap hari na

    bertukar

  50. sebulan yang lalu saya mengalami nyeri didada kiri lalu sempat rawat inap selama seminggu dengan melalui berbagai tes pemeriksaan darah,usg dan ekg dinyatakan jantung paru2 sehat, setelah keluar dari rumah sakit keluhan tersebut masih terus berlanjut yaitu rasa tidak nyaman didada kiri terlebih dalam kondisi udara yang dingin, rasa kembung mudah capek sesak dan bila tidur sering tersedak lendir dikerongkongan. apa yang harus saya lakukan dok dan apa jenis penyakit saya ini. saya betul2 tersiksa dengan keadaan ini. terima kasih sebelumnya

  51. akhir-akhir ini karena saya tinggal di pedesaan yang kalau pagi hari selalu ada kabut dan udaranya dingin, nafas saya menjadi sesak dan kalau mau tidur nafas berbunyi. setelah saya periksa ke dokter diagnosa dokter itu di karenakan alergi yang di sebabkan udara yang dingin dan adanya kabut.obat apa yang sebaiknya saya minum supaya lekas sembuh??? tolong jawab ke tono196@yahoo.com

  52. hallo semua, saya menderita sesak nafas sejak 2 tahun lalu ketika berumur 38. dulu sampai dahak kental dan pernafasan buntu, terpicu kalau masuk angin atau batuk, tapi sekarang tanpa pemicu lagi. sampai sekarang tetap aja tdak sembuh tetapi saya kontrol dengan salbutamol 2mg untuk sesaknya dan metyl prednisolon untuk membuang lendir kentalnya.
    semoga bermanfaat.

  53. sudah sekitar 3 tahun saya gak bisa bernafas, dan sekarang saya baru sadar kalau saya sesak nafas. dulu-dulunya, saya gak pernah merhatiin penyakit saya ini. selain sesak nafas, saya juga mengeluarkan dahak dan seringkali terkena batuk dan pilek. saya sudah pernah melakukan bekam, emang sih setelahnya saya bisa bernafas lega lagi, tapi beberapa hari kemudian sesaknya kambuh lagi. bagaimana caranya menyembuhkan penyakit ini? tolong masukannya, thanks.

  54. dok, saya mengalami sesak nafas dan ini sepertinya saya alami jika kecapaian namun kurang istirahat/tidur, juga mungkin dari alergi akibat debu atau ruangan yang sirkulasi udaranya tidak lancar…

    yang saya rasakan nafas menjadi pendek, berat di rongga dada, dan seringkali nafas menjadi bunyi… dan semakin parah jika bersamaan menderita masuk angin atau flu, mungkin masing2 proses/peristiwa yang berbeda namun memperparah kondisi saya dok… jika masuk angin saya jadi sering sendawa juga. Dan saya juga jarang olahraga dok.

    bagaimana menanggulangi/menyembuhkan hal ini dok? baik dalam pola hidup maupun obat untuk menyembuhkannya.

    mohon di reply ke alamat e-mail saya dok (tertera pada bagian data yang wajib diisi ketika mengisi pertanyaan/konsultasi ini).

    Terima kasih,
    Ricky

    • Sori ya.. saya jawabnya di sini aja… maklum biar cepat.
      Begini, apabila seseorang mempunyai bakat atopi. maka memang ada beberapa macam alergen (bahan yang bisa memicu alergi) yang bervariasi, tiap orang berbeda tergantung riwayat intensitas paparan. Umumnya, alergen bisa berupa debu, tungau (ada dikarpet, sofa, gorden tebal, dll) makanan, serbuk bunga, emosi juga loh…
      Bagaimana mengelolanya? Pertama, kenali apasaja alergen anda. Kedua, Hindari!!
      SEmoga bermanfaat

  55. Memang salah satu penyakit penyerta dari tifoid adalah bronchopneumonia, namun hal ini dapat dihindari. Dengan pengaturan posisi istirahat, jangan terus menerus berbaring (karena tifoid dianjurkan bedrest). Boleh aja duduk. Bisa saja batuk masih ada, sedangkan tifoidnya sudah membaik (ingat kuman tifoid bisa masih ‘ngendon’ di empedu, kalo pengobatan tidak tuntas). Hanya saja karena dikatakan ada riwayat asthma, mungkin ada hubungan dg asthma.
    Jangan segan bertanya secara mendetail dengan dokter keluarganya
    Pasien saya biasanya bisa sampai setengah jam (satu keluarga..loh). emang harus gitu…dokter bukan hanya tulis resep tapi bisa mendalami permasalahan kesehatan pasien dan keluarganya
    Semoga bermanfaat
    Mohon maaf atas keterlambatannya

  56. sudah dua hari suami saya mengalami sesak nafas, awalnya dari batuk berdahak yang berat dan dahaknya tidak dapat keluar sehingga menimbulkan sesak nafas .apakah sesak nya itu memang disebabkan oleh dahaknya yang tidak keluar atau ada sebab lainnya?

    • Untuk memastikan perlu periksaan secara langsung, namun secara umum perlu dibedakan sesak yang dikeluhkan. Apakah sesak berupa kesulitan bernafas karena hidung yang tersumbat atau disebabkan proses ‘penebalan’ (menghindari kata pembengkakan karena supaya tidak berkesan ‘seram’…. :) ) Dari saluran pernapasan yang dikenal sbg oedem. Terlalu banyak lendir yang diproduksi oleh Sel goblet di saluran pernapasan juga bisa membuat terasa sesak yang mengganggu,…. Singkat kata, bila keluhan menetap atau memburuk segera memeriksaakan diri ke dokter keluarga terdekat.

  57. Wah…. sudah diperiksa ahli saraf. jantung dan internis kok masih belum bisa diketahui penyebabnya..
    Saran saya cari second opinion (pendapat kedua) dari ahli penyakit dalam yang lain. (Kalau perlu ke profesornya).
    Kalau boleh hasil uji ekg, treadmill, ronsen dll dibawa semua.
    Beri kabar lagi ya kalau sudah periksa lagi..
    Semoga cepat sembuh

  58. Duh..cari second opinion ya. Coba konsultasi dengan dokter yang enak diajak diskusi (face to face). Semoga cepat ada solusi. Karena Anda pencetak generasi penerus bangsa, harus sehat kan..
    Semoga bermanfaat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Get a free blog at WordPress.com | Theme: Pool by Borja Fernandez.
Entries dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: