Hiperemesis Gravidarum

Oktober 7, 2006 pukul 2:40 am | Ditulis dalam ProTap | 25 Komentar

Emesis Gravidarum

Kriteria :

  • Mual dan mutah selama kehamilan muda (6 – 16 minggu)
  • Masih dapat melakukan aktivitas sehari-hari;
  • Sering timbul pada pagi hari (morning sickness).

Penatalaksaan :

  • Pendekatan psikologis –>> terangkan bahwa itu merupakan gejala kehamilan muda, akan hilang sendiri setelah kehamilan 16 minggu
  • Perbanyak istirahat
  • Kurangi beban kerja sehari-hari dan beban psikologis
  • Medikamentosa : pasang infus RL / D10% , jika KU jelek atau pre-shock –>> Antivomitus ( Primperan inj. +/ oral ) tranguliser.

Hiperemesis Gravidarum

Kreteria :

  • Mual dan mutah semakin hebat
  • Tidak dapat lagi melakukan aktivitas sehari-hari.

Penatalaksaan :

  • Rawat inap
  • Stop makan / minum dalam 24 jam pertama
  • Obat-obat diberikan parenteral
  • Infus D10% ( 2000 ml ) + RD5% ( 2000 ml) / hari tiap botol tambahan :
  • Antiemetik ( metoklopramid hidrochlorid ) 1 amp (10 mg)
  • Roborantia
  • Kalau perlu Diazepam 10 mg im
  • Psikoterapi
  • Dalam 24 jam pertama –>> evaluasi
  • Bila membaik : boleh makan / minum bertahap ;
  • Bila tetap : Stop makan minum ? lanjutka R/ di atas untuk 24 jam kedua
  • Bila dalam 24 jam kedua tidak membaik –>> pertimbangan rujukan
  • Infus dilepas setelah 24 jam bebas mual dan mutah

Kriteria pulang :

  • Mual dan mutah tidak ada lagi
  • Keluhan subyektif tidak ada
  • Tanda-tanda vital baik.

» ke daftar isi

25 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. data tentang GE donk???

  2. Hti-hati pemberian primperan (metoclopropamid ) terutama pada semester I. Lebih baik pake CPZ aja. anti muntah sekaligus psikisnya.

  3. Hai, sy mahasiswi akper di jayapura, bisa minta tolong gak untuk askepnya pasien dengan hiperemesis gravidarum karena dikota referensi buku sangat kurang sekali,trims

  4. Hoi prend….gue sita,anak kebidanan d smg.
    kasus hiperemeses grv cama yg gue bikin di KTI
    klo bikin askep-nya loe bikin aja kasus kayak yg pasien loe kaji n pengobatannya di sesuaiin aja
    misalnya ney…pasien gue tuh penyebab utamanya dy stresss…so tindakan askepnya ya yg paling utama gue harus terapi psikologinya…yg laen2 ama kayak yag di atas…cayoo…

  5. Sy bidan..
    Faktor yg memperbrat dr mual muntah kebnykan adl fktr psicologis..
    Pgn diperhatikan,manja dll.Sbg cnth ad 2 wanita dg umr khmln yg sm,ad suami,dkt kelg.Akn ad kcndrungn dy lbh mual.Dbnding dg wnt yg hdp sndri,jauh dr suami dn kelg.Dy ak brusha menahn rasa mual dg braktifitas..Brusha menutupi..
    Kecuali emang ad kelainan pd kehamilan tsbt msl pd kasus mola..

  6. askep KPDnya donk

  7. Eh btw qt sm loh..ak ja bkin KTI HEG ‘n bingung bgt lum ada gmbaran bkinny,,mana referensi jg msh kurang..

  8. Terima kasih atas informasi yang diberikan, tetapi kalau bisa tolong dengan askepnya yang lengkap karena kami kesulitan referensi.

  9. hay.. z dari mahasiswa akbid tobelo, klw lho buat askep usahakan dengan menggunakan 7 langka varney az simpel kan????, untuk deferensinya http://www.duniakedokteran.com, http://www.hidayatullah.com.

  10. hai sobat……………
    boleh tw g.. seberapapersenkah angka kejadian hiper emesis gravidarum di indonesia?? aku ambil judul itu buat KTI ku. thanks yahhhhh

  11. mau nanya tentang contoh kasus hiperemesis gravidarum dari yang paling ringan mpe yang paling berat donk,,,

    bantuin yaw….

    klo bisa kisah nyata… kjadiannya dmana n kapan!!!
    thx

  12. bantuin aq dunk…
    buat yang punya KTI hiperemesis gravidarum,,liat bwt studi penelitian aq..
    pleaseee!!!!
    q tunggu ya???

  13. klo ada kirim ja ke va2006_de@yahoo.com

  14. gmna sih penatalaksanaan hiperemesis gravidarum tingkat 1?

  15. klo ada kirim ke diana_05005@yahoo.co.id

  16. hai sobatQu…….bs 9a aq mintol klian smua,…aq mhsiswi Akbid Imelda….,,,bntuin kt dunk buat KTI “MORNING SICKNESS”,/SIKLUS HAID,hbs thn bln juni ne kt da nyusun…….bleh khan???????????thx

  17. hai erna aku udah 2 tahun buat kti anak akbid,, kebetulan masi ada data tentang morning sickness/siklus haid, klo kamu mau hub aku di Saaddin83@yahoo.co.id

  18. bantuin aku donk,,, aku mu nyari tentang angka kejadian hipotermia (persentase) untuk kti aku, kalo ada kirim ke abdoel.purba@yahoo.co.id,, thanks yaaa… please bantu aq yaa….

  19. bagi kamu yang ingin membuat KTI hubungi aku di saaddin83@yahoo.co.id, aku punya rental ‘n dah 2 tahun aku ngetik kti anak akbid sapa tau yang lo cari ada padaku…. (khusus kota medan yaa)

  20. saya dr akbid elisabeth,mau menyusun kti judulnya hiperemesis gravidarum.mohon tampilkan BAB I PENDAHULUAN.soalnya saat ini saya belum mendapatkan sumber,terima kasih ya……???Mohon secepatnya ditampilkan ya.

  21. saya dr akbid elisabeth,mau menyusun kti judulnya hiperemesis gravidarum.mohon tampilkan BAB I PENDAHULUAN.soalnya saat ini saya belum mendapatkan sumber,terima kasih ya……???Mohon secepatnya ditampilkan ya.kirim ke mail aku ya dodia@yahoo.co.id.bagi teman2 yg tau jangan lupa dikirm ya penting banget.

  22. tlong buatkan daftar pendrita hiperemesis dunk,, to bhan

  23. tolong donk kasih tau aq, berapa sih prosentase hiperemesis gravidarum…?

  24. kirimin angka kejadian hyperemesis di dunia,indonesia.jabar, bgor dong…keyz

    • Didunia, morning sickness di derita 70-80% ibu hamil, dimana 1,5-2 % mengalami hiperemesis gravidarum.
      Di Indonesia.. he he.. siapa yang tau..? Sharing info ya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: