Luka Bakar

November 5, 2006 pukul 2:54 am | Ditulis dalam ProTap | 21 Komentar

Luka BakarDefinisi :
Luka bakar adalah luka yang terjadi akibat sentuhan permukaan tubuh dengan benda-benda yang menghasilkan panas (api,cairan panas, listrik, dll) atau zat-zat yang bersifat membakar (asam kuat, basa kuat).

Tindakan Terpenting :

  • Segera menghentikan paparan panas
  • Mencegah meluas dan mendalamnya kerusakan jaringan kulit
  • Mencegah dan mengatasi infeksi
  • Mencegah kontraktur dan perlengketan jari tangan/kaki
  • Segera tentukan diagnosis dengan mencantumkan derajat dan berat luka bakar

Derajat Luka Bakar
(berdasarkan kedalamanlapisan kulit yang terkena)

  • Derajat 1: mengenai lapisan luar epidermis, kulit merah, sedikit oedem, dan nyeri
  • Derajat 2: mengenai epidermis dan sebagian dermis, terbentuk bulla,sedikit oedem,nyeri berat. Bila bulla pecah tampak agak kemerahan
  • Derajat 3: mengenai seluruh lapisan kulit, lesi pucat, warna kecoklatan dengan permukaan lebih rendah dari bagian yang tidak terbakar

Beratnya Luka Bakar
(berdasar derajat dan luasnya kulit yang terkena)

  • Ringan: luka bakar derajat I atau derajat I atau derajat II seluas < 15% atau derajat II seluas < 2%
  • Sedang: luka bakar derajat II seluas 10-15% atau derajat II seluas 5-10%
  • Berat: luka bakar derajat II seluas > 20% atau derajat III seluas > 10% atau mengenai wajah, tangan-kaki, alat kelamin/persendian sekitar ketiak atau akibat listrik tegangan tinggi (> 1000 V) atau dengan komplikasi patah tulang/kerusakan jaringan lunak/gangguan jalan nafas

Perhitungan Luasnya Luka Bakar
Anak-anak (dihitung menurut rumus Lund dan Browder : dalam %), sedangkan dewasa (dihitung menurut rumus Rule of Nine)
Pertolongan Pertama (di tempat kejadian):

  • Matikan api dengan memutuskan hubungan (suplay) Oksigen dengan menutup tubuh penderita dengan selimut, handuk, seprai, karung, dll
  • Perhatikan Keadaan Umum penderita
  • Pendinginan:
    1. Buka pakaian penderita
    2. Rendam dalam air atau air mengalir 20 – 30 menit, derah wajah dikompres air
    3. Yang disebabkan zat kimia: selain air dapat dapat digunakan NaCI (untuk zat korosif) atau gliserin (untuk fenol)
  • Mencegah infeksi:
    1. Luka ditutup dengan perban/ kain kering bersih yang tidak dapat melekat pada luka
    2. Penderita ditutup kain bersih
    3. Jangan beri zat yang tidak larut dalam air seperti: mentega, menyak, kecap, pasta gigi,telor, dll
    4. Rujuk ke Puskesmas

Perhatian:
pendinginan tidak ada gunanya jika luka bakar > 1 Jam.

Penatalaksanaan:
Menurut derajat Luka Bakar

  • Derajat 1: cuci dengan larutan antiseptik dan beri analgesik. Bila mengenai daerah muka, genital rawat inap
  • Derajat 2: inj. TAS 1500 IU im atau inj. Tetanus Toksoid (TT) 1 ml im
  • Derajat 2 tidak luas tetapi terbuka : dicuci dengan larutan antiseptik, ditutup kasa steril, beri zalf levertran. Bila tidak ada tanda infeksi, kasa diganti tiap 2 minggu
  • Derajat 3: rujuk ke RSUD dengan infus terpasang

Menurut Beratnya Luka Bakar

  • Ringan tanpa komplikasi: berobat jalan
  • Sedang: sebaiknya rawat inap untuk observasi
  • Berat : rujuk ke RSUD dengan infus terpasang

Indikasi Rawat Inap

  • Luka bakar didaerah wajah dan leher
  • Luka bakar di daerah tangan
  • Luka bakar di daerah mata
  • Inhalasi

» ke daftar isi

21 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. maaf, boLeh tau referensinya dari mana?
    ato smua protapnya dibuat oLeh IDI y?
    maaf msih mhsiswa nih, jdi bLum tau..
    ^_^
    trimakasih..
    © pkm palaran:
    dear kotrim,
    Semua ProTap kami buat sejak 2002, dan yang tampil di blog ini adalah sampel. Tentu masih jauh dari memuaskan. September yl kami launching ke IDI Cabang Samarinda, maksudnya agar ada perbaikan dan update dari para ahli. Sampai saat ini terus kami lakukan perbaikan secara bertahap, namun maaf masih belum rampung update-nya. Adapun referensi dapat dilihat di halaman ProTap, tepatnya di penutup. Atau bisa download versi eBook-nya di halaman download.
    wass🙂

  2. saya mau nanya nih,bisa tolong jelaskan ciri2 muka kena luka bakar karena sengatan matahari dan air hangat?karena kebetulan kemaren saya renang dalam air hangat namun dalam kondisi cuaca panas,sehingga muka saya sampai saat ini merah dan terlihat kulit kaya mengelupas kaya ular.mohon penjelasannya terima kasih

  3. Saya mau tanya tentang luka bakar di wajah. Setelah memakai masker di wajah, saya bersihkan dengan air hangat. Kemudian saya mengusap wajah dengan es batu. Dan kemudian timbul luka di wajah sebesar 1 ruas jari tangan. luka itu sepeti luka jika jatuh di aspal pada lutut kemudian mengering. Baiknya diberi obat apa agar tidak membekas? Terima kasih.

  4. mau tanya sebenarnya angka kejadian luka bakar di selluruh indonesia berapa sehingga anda sekalian mengangkat ini? makasih

  5. saya mau tanya apa pengaruh luka bakar listrik terhadap jantung ?

    bagaimana terjadinya sengatan oleh benda dingin ( forst bite)

  6. mau tau lebih banyak lagi dong sekitar masalah combutio ( luka bakar ) coz aku lg dapet tugas tentang masalah ini. mau kan bantuin kasih tau informasi lbh banyak lg????? thankz yah sebelum dan sesudahnya……

  7. saya mau tanya semalem saya cuci muka pakai sabun muka johnson tapi karna saya sudah ngantuk saya tertidur dan lupa mencuci muka sampai pagi.dan waktu pagi saya dapati muka aya merah,panas dan seperti terbkar .pertanyaan saya apa obat tradisional yang bisa mengenmbalikan wajah saya seperti semula atas bantuanya saya ucapkan terima kasih

  8. mau tanya neyh klo luka bakar bisa di sembuhin pake air rebusan babadotan gx??
    kalo bisa gmn caranya??
    butuh bgt neyh jawabannya,,buat tugas skul..
    thanx b4 yua…

  9. ada pertanyaan, tolong jawab dan terima kasih sebelumnya. Berapa angka kejadian luka bakar di tiap derajat di indonesia? angka perkiraan juga tidak apa-apa.

    Salam

    Mardi

  10. hai.. sy mau nanya ??? luka bakar bisa disembuhkan pk larutan apa aja?? pk salep apa ya?? trus jangka waktu sembuhnya brp lama?? bs ga integumennnya kembali seperti semula?
    thanx ya klo mau jwb……….

  11. hi..mw nanya niyh..
    klo combustio grade 1-4 yg dibedain kan dalamnya luka tersebut, nah pada bagian mana saja grade itu dapat dikategorikan? trus dalam diagnosa juga suka ada yang menuliskan “combustio grade II A B”, itu bedanya apa sama combustio dengan grade 1-4? trus tolong banget jelasin tentang combustio secara spesifik banget, kebetulan aq lagi dapet kasus itu, and ntar aq mo responsi,,tolongin aq yah…..
    thanks before..

  12. saya mau nanya penanganan keperawatan untuk luka bakar yang terjadi di dada,punggung, ekstimitas bgn bawah, serta area genital, karena malu dia ingin bunuh diri, napasnya cepat 35x/mnt, suhunya juga tinggi 38 celcius, n tekanan darahnya 90/50…?
    __mohon dibalas ke email__
    thanx.

  13. saya maw tanya,

    misal alat kelamin laki2 terbakar hangus,tapi masih utuh,bisa menyebabkan IMPOTENT ngga???

    THAX BEFORE.

  14. Ass Wr Wb
    sy mau nax nech sl luka bakar…. gimana sech cara ngukur besarnya derajat luka bakar melalui telapak tangan??? dapat info dari teman se-KSR katanya kita bisa ukur derajat luka bakar lewat telapak tangan.. mohon di balas di e-mail (^_^) Thanks before,,,,

  15. minta penjelasan tentang patofisiologi penyakit – penyakit yang menyebabkan gangguan pada perubahan jaringan kulit & luka bakar
    Thanx

  16. bisa gak jaringan parut pada LB hilang dengan tanaman obat? kalo bisa, dengan tanaman apa?

  17. saya mo tanya tolong jawab dan terima kasih sebelumnya. Berapa angka kejadian luka bakar di tiap derajat di indonesia? angka perkiraan juga tidak apa-apa.tolong jawab d email saya…

    Salam

  18. maaf, alangkah baiknya jika dibahas juga tentang patofisiologi luka bakar sampai terjadinya komplikasi. karena akan lebih memperjelas rencana diagnosis dan terapi yang akan dilakukan. terima kasih

  19. terima kasih atas masukan…. wah ini nambah pr saya untuk cari tahu BENER NGGAK SEEH…

  20. klo luka bakar akibat bahan kimia untuk perawatan seperti wajah tuw gimana ya cara ngatasinya

    • untuk luka bakar akibat bahan kimia dapat diatasi dengan golongan obat yg dipakai utk sunburn, namun tentunya tgt seberapa dalam atau parah kerusakan kulit. lebih baik sy tdk sebutkan golongan obat dan jenis nya, krn kuatir pemakaian tdk tepat. sebaiknya konsul scr langsung dg spesialis kulit dan kelamin


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: