sekapur sirih

November 5, 2006 pukul 6:11 pm | Ditulis dalam ProTap | Tinggalkan komentar

sekapur sirih

Ass, wr, wb,
Para sejawat dimanapun berada, semoga kita semua selalu mendapatkan limpahan rahmat-Nya, dan mudah-mudahan pula kita diberi kesehatan sehingga dapat menunaikan tugas khususnya di bidang kesehatan ataupun di bidang lain sesuai minat masing-masing.

Sengaja kami memberanikan diri menulis ringkasan “Prosedur Tetap” perawatan penderita, khususnya bagi sejawat dokter umum yang dalam kesehariannya bertugas di Puskesmas Perawatan or Puskesmas Rawat Inap.
Referensi yang kami gunakan ada beberapa, diantaranya: Principles of Internal Medicine, Protap Ruang Rawat Inap Puskesmas Semanu I Kabupaten Gunung Kidul tahun 1997, PDT UPF Ilmu Kesehatan Anak RSUD Dr Soetomo Surabaya, Continuing Education Ilmu Kesehatan Anak FK Unair, PDT UPF Ilmu Penyakit Dalam RSUD Dr Soetomo Surabaya, PDT UPF Ilmu Penyakit Jantung RSUD Dr Soetomo Surabaya, PDT UPF Ilmu Penyakit Paru RSUD Dr Soetomo Surabaya, Diagnosis dan Terapi Kedokteran Penyakit Dalam jilid 1 dan 2, dan lain-lain, termasuk dari situs Kedokteran (eMedicine, dll).

Tentu masih sangat sederhana dan banyak kekurangan. karenanya perbaikan dan saran dari sejawat sangat kami harapkan. Lebih-lebih dengan pesatnya laju ilmu Kedokteran, maka update sekali lagi kami harapkan sumbangsihnya dari para sejawat dan para ahli.

Ke depan, insya Allah kami upayakan untuk melengkapinya secara bertahap.

Pada kesempatan ini pula kami ingin mengajak para sejawat khususnya yang bertugas di Puskesmas Perawatan, mari kita tingkatkan Mutu Pelayanan dengan langkah nyata dan memberikan layanan dengan biaya yang semurah-murahnya namun dengan mutu yang optimal.

Sudah saatnya warga pinggiran mendapatkan layanan yang benar dan baik melalui modernisasi peralatan penunjang medis. Keberadaan Elektrofotometri, EKG dan USG di Puskesmas Perawatan, sudah saatnya menjadi keharusan bila menginginkan layanan kesehatan yang bermutu.

Kawanku,
Jangan takut ngga laku praktek atau pasien bakal ngga datang ke praktek bila kita mengupayakan layanan bermutu di Puskesmas Perawatan. Percayalah … Tuhan Maha Pemurah.

Para Petingi Kesehatan,

Ingin layanan bermutu? Mudah, jangan biasakan lagi kirim barang jelek, jangan biasakan pula “mark-up” pengadaan barang, jangan biasakan “studi banding-studi bandingan” yang banyak biaya, jangan biasakan hanya menghabis-habiskan anggaran, jangan biasakan kerjasama dengan pihak ketiga yang “profit market”, jangan biasakan gonta-ganti sistem, ….. mudah kan? Bila “masih seperti dulu”, layanan bermutu hanyalah sebuah “mimpi belaka“.

Lho koq berani? Ya friends, saya sudah di Puskesmas sejak akhir 1986, so hapal deh dengan lagunya para petinggi kesehatan kita. Namun kita yakin, masih banyak koq yang baik and jujur.

Akhirnya, selamat bertugas, semoga sukses selalu. Amin

wass, btk:

cakmoki

email: cakmoki@yahoo.com

» ke daftar isi

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: